Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
ABSTRAKSuai, Silvana. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XII SMA 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2012-2013, Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (a) bagaimanakah pengaruh strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone bolango? (b) (apakah kendala-kendala strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone bolango? Tujuan umum dalam penelitian ini ialah mendeskripsikan pengaruh strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas XII serta mendeskripsikan kendala-kendala strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas XII . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan analisis statististik melalui uji t. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang diawali dengan pengujian persyaratan analisis data, pengujian homogenitas, dan uji lilliefors. Teknik pengumpulan data (a) Pre-test, kegiatan ini dilakukan di kelas XII IPA-2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan materi dan alat evaluasi, pemberian perlakuan ini bertujuan untuk melihat kemampuan awal peserta didik, (b) Post-test, kegiatan ini dilakukan pada akhir kegiatan penelitian. Kegiatan post-test dilaksanakan di kelas XII IPA-2 yang bertujuan untuk menilai apakah terdapat perlakuan yang berbeda antara menerapan Strategi Berpikir Kritis dengan hasil belajar dan tanpa menerapkan strategi berpikir kritis dengan hasil belajar diperoleh hasil yang berbeda, (c) perlakuan yang digunakan pada kelas XII IPA-2 ialah Strategi Berpikir Kritis. Sesuai dengan hasil analisis data maka hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran sebelum menerapkan strategi berpikir kritis memperoleh nilai rata-rata 7,92 (2) Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran setelah menerapkan strategi berpikir kritis memperoleh nilai rata-rata 9,76 (3) pengaruh penerapan strategi berpikir kritis dikelas eksperimen memperoleh nilai dengan Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji parametrik uji t dengan α = 0,05, dk = n_1+ n_2 -2 = 21 + 21 -2 = 40 dan kriteria pengujian terima H_0 jika t_hitung < t_tabel.dalam hal lain H_0 ditolak, dari hasil pengujian terhadap hipotesis penelitian memberikan hasil bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. dengan demikian H_1 diterima dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengujian ini dapat menjadi dasar untuk menyimpulkan bahwa Pengaruh Penerapan Strategi berpikir Kritis terhadap Hasil belajar efektif untuk meningkatkan hasil belajar Siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Kata kunci : Strategi, Berpikir Kritis , Hasil Belajar