SKRIPSI

Penulis / NIM
SILVANA SUAI / 311409037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak

ABSTRAKSuai, Silvana. 2013. Pengaruh  Penerapan Strategi Berpikir Kritis  Terhadap Hasil Belajar  Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XII SMA 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2012-2013, Gorontalo. Program  Studi  Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo.    Permasalahan dalam penelitian ini adalah (a) bagaimanakah pengaruh strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar  bahasa Indonesia pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone bolango? (b) (apakah kendala-kendala strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar  bahasa indonesia pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone bolango? Tujuan umum dalam penelitian ini ialah mendeskripsikan pengaruh strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas XII serta mendeskripsikan kendala-kendala strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas XII .    Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan analisis statististik melalui uji t. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang diawali dengan pengujian persyaratan analisis data, pengujian homogenitas, dan uji lilliefors. Teknik pengumpulan data (a) Pre-test, kegiatan ini dilakukan di kelas XII IPA-2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan materi dan alat evaluasi, pemberian perlakuan ini bertujuan untuk melihat kemampuan awal peserta didik, (b) Post-test, kegiatan ini dilakukan pada akhir kegiatan penelitian. Kegiatan post-test  dilaksanakan di kelas XII IPA-2 yang bertujuan  untuk menilai apakah terdapat  perlakuan yang berbeda antara menerapan  Strategi Berpikir Kritis dengan hasil belajar dan  tanpa menerapkan strategi berpikir kritis dengan hasil belajar diperoleh hasil yang berbeda, (c) perlakuan yang digunakan pada kelas XII IPA-2  ialah Strategi Berpikir Kritis. Sesuai dengan hasil analisis data maka hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran sebelum menerapkan strategi berpikir kritis memperoleh nilai rata-rata 7,92 (2) Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran setelah  menerapkan strategi berpikir kritis memperoleh nilai rata-rata  9,76 (3) pengaruh penerapan strategi berpikir kritis dikelas eksperimen  memperoleh nilai  dengan Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji parametrik uji t dengan α = 0,05, dk = n_1+ n_2 -2 = 21 + 21 -2 = 40 dan kriteria pengujian  terima H_0 jika t_hitung  <  t_tabel.dalam hal lain H_0  ditolak, dari hasil pengujian terhadap hipotesis penelitian memberikan hasil bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. dengan demikian H_1 diterima dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengujian ini dapat menjadi dasar untuk menyimpulkan bahwa Pengaruh Penerapan Strategi berpikir Kritis terhadap Hasil belajar efektif untuk meningkatkan hasil belajar Siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Kata kunci :  Strategi, Berpikir Kritis , Hasil Belajar

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011