Penulis / NIM
PRATIWI DAMAYANTI TALIKI / 311409044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
Pratiwi D. Taliki. NIM 311409044. Pembelajaran Membedakan Teks Eksposisi dan Teks Laporan Observasi pada siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone bolango Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Asna Ntelu, M.Hum, Pembimbing (2) Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) bagaimanakah penilaian yang digunakan pada pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2014/2015? (4) bagaimakah kendala dan upaya yangdilakukan oleh guru dalam pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rencana pelaksanakan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa, (3) mendeskripsikan penilaian yang digunakan dalam membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa, (4) mendeskripsikan kendala dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif jenis kualitati. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Sebagai saran dan implikasi dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru bahasa Indonesia kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi, agar dengannya dapat memperkaya dan lebih meningkatkan pengetahuan siswa dalam membuat struktur teks eksposisi dan teks laporan observasi.
Kata Kunci: Pembelajaran, Membedakan Teks, Eksposisi, dan Teks Laporan Observasi
Download berkas