SKRIPSI

Penulis / NIM
SARLIN SUNGE / 311409045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK Sarlin Sunge. 2015 Penerapan Metode Copy The Master dalam Pembelajaran Menulis Kembali dengan Kalimat Sendiri Cerpen yang telah dibaca oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Program studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan guru menerapakan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen "Tiga Butir Kurma Per Kepala" yang telah dibaca oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara? (2) hambatan-hambatan yang ditemui oleh guru dalam menerapkan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen "Tiga Butir Kurma Per Kepala" yang telah dibaca? (3) bagaimanakah solusi yang dilakukan guru untuk memecahkan dalam menerapkan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen "Tiga Butir Kurma Per Kepala" yang telah dibaca? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen "Tiga Butir Kurma Per Kepala" yang telah dibaca oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo utara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptuf kaulitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengamati hasil observasi dengan berpedoman pada rubrik penilaian hasil observasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan guru menerapkan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang telah dibaca selama 3 tahap, kemampuan guru sudah sangat baik dengan rata-rata nilai 90%. Hal ini karenakan metode copy the master ini sebelumnya sudah diterapkan pada observasi tahap ke-1 dan tahap ke-2. Disamping itu guru juga sudah melatih siswa menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang telah dibaca. Meskipun pada observasi tahap ke-1 mengalami penurunan yakni dengan rata-rata skor 56,25%. Hal ini terjadi kerena, guru tidak menerapkan metode copy the master sesuai dengan strukturnya. Tetapi secara keseluruhan kemampuan observasi tahap ke-1 sampai observasi tahap ke-3 mengalami peningkatan dan hasilnya rata-rata 90%. Kata kunci : Penerapan, Metode Copy The Master, Menulis Cerpen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011