Penulis / NIM
SARLIN SUNGE / 311409045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Sarlin Sunge. 2015 Penerapan Metode Copy The Master dalam Pembelajaran Menulis Kembali dengan Kalimat Sendiri Cerpen yang telah dibaca oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Program studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan guru menerapakan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen "Tiga Butir Kurma Per Kepala" yang telah dibaca oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara? (2) hambatan-hambatan yang ditemui oleh guru dalam menerapkan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen "Tiga Butir Kurma Per Kepala" yang telah dibaca? (3) bagaimanakah solusi yang dilakukan guru untuk memecahkan dalam menerapkan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen "Tiga Butir Kurma Per Kepala" yang telah dibaca? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen "Tiga Butir Kurma Per Kepala" yang telah dibaca oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo utara.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptuf kaulitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengamati hasil observasi dengan berpedoman pada rubrik penilaian hasil observasi.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan guru menerapkan metode copy the master dalam pembelajaran menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang telah dibaca selama 3 tahap, kemampuan guru sudah sangat baik dengan rata-rata nilai 90%. Hal ini karenakan metode copy the master ini sebelumnya sudah diterapkan pada observasi tahap ke-1 dan tahap ke-2. Disamping itu guru juga sudah melatih siswa menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang telah dibaca. Meskipun pada observasi tahap ke-1 mengalami penurunan yakni dengan rata-rata skor 56,25%. Hal ini terjadi kerena, guru tidak menerapkan metode copy the master sesuai dengan strukturnya. Tetapi secara keseluruhan kemampuan observasi tahap ke-1 sampai observasi tahap ke-3 mengalami peningkatan dan hasilnya rata-rata 90%.
Kata kunci : Penerapan, Metode Copy The Master, Menulis Cerpen
Download berkas