Penulis / NIM
YUNUS HUSAIN / 311409049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini mengangkat tiga permasalahan yaitu (1) bagaimanakah kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa ? (2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa ? (3) upaya apa yang dapat dilakukan untuk mendukung faktor penghambatyang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa ?.
Tujuan Penelitian terdiri atas dua yakni tujuan umum “mendeskripsikan kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Tujuan Khusus : (1) mendeskripsikan kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa, (3) mendeskripsikan upaya untuk mendukung faktor yang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan teknik wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru menerapkan metode pemodelan deskriptif. Metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango dikategorikan berhasil. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan terhadap kegiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran tahap 1 hasilnya membuktikan bahwa kategori baik 78.3%. Tahap 2 berada pada kategori kategori baik 83.3%.
Kata kunci : Kemampuan, Metode Pemodelan, dan Pengumuman
Download berkas