Penulis / NIM
HASNIA LUNDETO / 311409054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAKLundeto, Hasnia. NIM 311409054. Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Isi Berita yang Dibacakan Menggunakan Metode Think-Pair-Share pada Peserta Didik Kelas VII2 SMPN 2 Telaga Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatma AR. Umar, M.Pd, dan pembimbing II Salam, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: bagaimanakah penerapan metode think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat pada peserta didik kelas VII2 SMPN 2 Telaga. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran dan untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat menggunakan metode think-pair-share dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi peserta didik kelas VII2 SMP Negeri 2 Telaga. Di samping itu, penelitian ini bermanfaat bagi sekolah, guru, peserta didik, dan peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dikelas VII2 SMPN 2 Telaga dengan jumlah peserta didik yang dikenai tindakan berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas sebesar 46.2% dari seluruh peserta didik yang dikenai tindakan. Persentase ini menunjukan bahwa penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indikator kinerja. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasilnya, seluruh peserta didik yang dikenai tindakan memiliki ketuntasan sebesar 84.6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan metode bahwa think- pair-share dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.Kata Kunci: Menyimpulkan Isi Berita , Metode Think-Pair-Share
Download berkas