Penulis / NIM
LILIS ALIWU / 311409056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Lilis Aliwu. 311409056 2015. Kemampuan Siswa Kelas XII Menulis Cerpen Berdasarkan Komik yang dibaca di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara, Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Satra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatma AR. Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Muslimin, M.Pd.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Deskriptif dilakukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampun siswa menulis cerpen berdasarkan komik yang dibaca, hambatan dan upaya mengatasi dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan komik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana kemampuan siswa kelas XII menulis cerpen berdasarkan komik yang dibaca ? (b) Faktor-faktor apa saja yang menghambat kemampuan siswa kelas XII menulis cerpen berdasarkan komik yang dibaca di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara?(c) Bagaimana upaya mengatasi faktor-faktor yang menghambat kemampuan siswa kelas XII menulis cerpen berdasarkan komik yang dibaca ?
Tujuan umum dalam penelitian ini ialah mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XII menulis cerpen berdasarkan komik yang dibaca di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara.
Dari hasil analisis kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan komik yang dibaca dilihat dari 4 aspek yakni Kelengkapan aspek format cerpen, kelengkapan unsur-unsur cerpen, ketepatan unsur kalimat cerpen, bahasa cerpen dalam penulisan cerpen dikategorikan mampu, dengan nilai rata-rata 85,93% (baik).
Kata Kunci: kemampuan siswa, menulis cerpen dan komik.
Download berkas