Penulis / NIM
HASNI MOKODOMPIT / 311409064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERMAN DIDIPU, S.Pd., M.Pd. / 0011018301
Abstrak
ABSTRAKHasni Mokodompit. NIM 311409064. Kemampuan Menulis Paragraf Narasi pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Masalah dalam penelitian ini adalah; (1) bagaimanakah kemampuan menyusun kerangka unsur-unsur paragraf narasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo (2) bagaimanakah kemampuan mengembangkan paragraf narasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo (3) bagaimanakah kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam menulis paragraf narasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa.Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni tes kemampuan berupa tes tertulis. Data yang terkumpul diolah berdasarkan langkah-langkah analisis data dengan menggunakan tabel rambu-rambu penilaian kemampuan menulis paragraf narasi.Berdasarkan hasil penelitian, data yang dianalisis dengan menggunakan tes kemampuan diperoleh hasil sebagai berikut; (1) ditinjau dari permasalahan kemampuan menyusun kerangka unsur-unsur paragraf narasi pada siswa menunjukkan bahwa keseluruhan siswa termasuk pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 10,4, dari keseluruhan jumlah siswa yakni 20 siswa, yang termasuk pada kategori baik sekali hanya 1 siswa, sedangkan siswa yang termasuk pada kategori kurang berjumlah 18 siswa, serta siswa yang termasuk pada kategori gagal berjumlah 1 siswa; (2) permasalahan yang ditinjau dari kemampuan mengembangkan paragraf narasi pada siswa menunjukkan bahwa keseluruhan siswa termasuk pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 16, dari keseluruhan jumlah siswa yakni 20 siswa, siswa yang termasuk dalam kategori kurang berjumlah 20 siswa; (3) ditinjau dari permasalahan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam menulis paragraf narasi pada siswa menunjukkan bahwa keseluruhan siswa termasuk pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 14, dari keseluruhan jumlah siswa yakni 20 siswa, yang termasuk pada kategori kurang berjumlah 20 siswa.Dari ketiga permasalahan di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis paragraf narasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo tahun pelajaran 2013/2014 termasuk kurang mampu dengan nilai rata-rata 40,35. Kata kunci: kemampuan, menulis, paragraf narasi, siswa.
Download berkas