Penulis / NIM
FRANSISKAWATI ISMAIL / 311409073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
Fransiskawati Ismail. “Pelaksanaan Menulis Cerpen Berdasarkan kehidupan diri Sendiri Kelas X1 SMA Negeri 1 Tibawa tahun ajaran 2013/2014”, (dibawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Dr. Hj. Asna Ntelu M.Hum selaku dosen pembimbing II). Skripsi, Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Penelitian ini mengangkat tiga permasalahan yaitu (1) bagaimana RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman sendiri pada siswa kelas X1 di SMA Negeri 1 Tibawa?, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan sendiri pada siswa kelas X1 di SMA Negeri 1 Tibawa? (3) bagaimana penilaian pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan sendiri pada siswa kelas X1 di SMA Negeri 1 Tibawa?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif. Metode tersebut digunakan untuk mendeskrifsifkan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri. Penggumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik observasi, tehnik wawancara, teknik dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru bahasa indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Tibawa. Sampel dalam penelitian ini 1 orang guru bahasa indonesia kelas X1. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati hasil observasi dengan berpedoman pada rubrik penilaian hasil observasi. (a) Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa berdasarkan penelitian dan pembahasan bahwa dapat diketahui RPP yang digunakan guru sudah sesuai dengan komponen RPP dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri belum sesuai dengan RPP yang sudah dibuat. Hal ini terjadi karena guru tidak melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP. Penilaian yang digunakan guru dalam penelitian ini menggunakan instumen-instrumen untuk menguji seberapa besar pemahaman siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan teknik penilaian tes praktik. Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerpen Berdasarkan Kehidupan Diri Sendiri.
Download berkas