Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Devi Matofani Kaharu. Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif dalam Menulis Pengalaman Pribadi pada Peserta Didik Kelas VII Smp Negeri 8 Paguyaman Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. H. Dakia N. Djou, M.Hum dan Pembimbing II. Dr. Supriyadi, M.Pd. Penelitian ini mengangkat tiga permasalahan, yaitu (1) bagaimana kemampuan peserta didik menyusun kalimat efektif dalam menulis buku harian berdasarkan pengalaman pribadi dilihat dari aspek kelogisan kalimat (2) bagaimana kemampuan peserta didik menyusun kalimat efektif dalam menulis buku harian berdasarkan pengalaman pribadi dilihat dari aspek kehematan kalimat (3) bagaimana kemampuan peserta didik menyusun kalimat efektif dalam menulis buku harian berdasarkan pengalaman pribadi dilihat dari aspek kesepadanan kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik menulis buku harian berdasarkan pengalaman pribadi dengan melihat aspek kelogisan, kehematan, dan kesepadanan kalimat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun populasi penelitian adalah seluruh pesera didik kelas VII SMP Negeri 8 Paguyaman, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII/A sebanyak 23 orang, yang terdiri atas 14 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi kemampuan menyusun kalimat dilihat dari kelogisan, kehematan, dan kesepadanan kalimat, menganalisis data kesalahan dan menyimpulkan hasil analisis. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik yang masuk dalam kategori gagal mencapai 11 orang atau 47,83 % dari jumlah total peserta didik yakni 23 orang. Tidak ada peserta didik yang masuk dalam kategori baik sekali. Kemampuan peserta didik tertinggi pada kategori baik hanya satu orang atau 4,35 %. Sementara peserta didik yang masuk kategori kurang berjumlah 10 orang atau 43,47 % dan kategori gagal berjumlah 11 orang atau 47,83 % dari jumlah total peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan menyusun kalimat efektif dalam menulis buku harian peserta didik masih tergolong rendah. Hal tersebut terlihat jelas dengan banyaknya peserta didik yang masuk dalam kategori gagal. Kata Kunci : Kemampuan, Kalimat efektif, Pengalaman pribadi, Peserta didik.