Penulis / NIM
NI MADE SUDIASIH / 311409090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Ni Made Sudiasih. NIM 311 409 090. Relevansi kompetensi dasar dengan indikator pencapaian pada perangkat pembelajaran keterampilan menulis di SMA Negeri 1 Kwandang, Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Dr. Supriyadi, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo 2013.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah relevansi kompetensi dasar dengan indikator pencapaian pada perangkat pembelajaran keterampilan menulis di SMA Negeri 1 Kwandang? (2) faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan ketidakrelevansian kompetensi dasar dengan indikator pencapaian pada perangkat pembelajaran keterampilan menulis di SMA Negeri 1 Kwandang? dan (3) upaya-upaya apa sajakah yang dilakukan untuk mengatasi ketidakrelevansian kompetensi dasar dengan indikator pencapaian pada perangkat pembelajaran keterampilan menulis di SMA Negeri 1 Kwandang? Tujuan umum yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan relevansi kompetensi dasar dengan indikator pencapaian pada perangkat pembelajaran keterampilan menulis di SMA Negeri 1 Kwandang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa KD dan indikator yang terdapat dalam silabus dan RPP yang digunakan guru di SMA Negeri 1 Kwandang kurang relevan. Selain itu, Indikator yang terdapat dalam silabus berbeda dengan indikator yang terdapat dalam RPP.
Kata Kunci: relevansi, Kompetensi Dasar, indikator pencapaian
Download berkas