Penulis / NIM
NI KADEK SUCITAWATI / 311409095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELLYANA HINTA, M.Hum / 0023086208
Abstrak
ABSTRAK
Ni Kadek Sucitawati. Meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Tapa melalui metode pengajaran langsung. Skripsi. Jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo 2013.
Permasalahan pada penelitian ini ialah siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Tapa kurang mampu menulis puisi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penerapan metode yang diigunakan guru saat melaksanakan proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui metode pengajaran langsung.
Pada siklus I kemampuan menulis puisi melalui metode pengajaran langsung dari 27 siswa terdapat 1 orang siswa atau (3,7%) berada pada kriteria baik sekali, 7 orang siswa atau (25,92) berada pada kriteria baik, 12 orang siswa atau (44,44%) berada pada kriteria cukup dan 7 orang siswa atau (25,92%) berada pada kriteria sedang. Nilai terendah dalam kriteria cukup dan sedang sebesar (70,37%) belum mencapai indikator yang ditetapkan.
Pada siklus II hasil kemampuan siswa dalam menulis puisi sudah mengalami peningkataan yakni dari 27 orang siswa, 7 orang siswa atau (25,92%) berada pada kriteria baik sekali, 16 orang siswa atau (59,25%) berada pada kriteria baik, 4 orang siswa atau (14,81%) berada pada kriteria cukup. Nilai tertinggi dengan kriteria baik sekali dan baik mencapai (85,18%) indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus 1 yakni (70,07) telah mengalami peningkatan menjadi (85,18) pada siklus 2.
Bertolak pada uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa menulis puisi melalui metode pengajaran langsung telah berhasil meningkatkatkan kemampuan siswa menulis puisi.
Kata Kunci: Meningkatkan, Kemampuan, Menulis Puisi, Metode Pengajaran Langsung
Download berkas