SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI WAHYUNI / 311409099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK Sri Wahyuni. 2013. “Penerapan Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Menulis Naskah Drama di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mepanga Tahun Ajaran 2012/2013”, (di bawah bimbingan Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Hj. Sitti Rachmi Masie, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing II). Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Kata Kunci: Penerapan Penilaian Berbasis Kelas dalam Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Latar belakarang masalah adalah masih adanya guru-guru di sekolah yang menerapkan penilaian berbasis kelas pada pembelajaran menulis naskah drama disamakan dengan pembelajaran lainnya, yaitu dengan penilaian objektif. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk memperoleh gambaran bagaimanakah penerapan penilaian berbasis kelas pada pembelajaran menulis naskah drama yang diterapkan oleh guru di kelas VIII SMP Negeri 1 Mepanga, kemudian untuk memperoleh gambaran mengenai kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan penilaian berbasis kelas di kelas VIII SMP Negeri 1 Mepanga, serta untuk memperoleh gambaran tentang upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan dalam penerapan penilaian berbasis kelas di kelas VIII SMP Negeri 1 Mepanga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yakni untuk menggambarkan kemampuan guru dalam menerapkan penilaian berbasis kelas pada pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII SMP Negeri 1 Mepanga. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengelompokkan data sesuai jenis datanya, mencocokkan antara isi silabus dan RPP dengan kenyataan yang terjadi dilapangan, menganalisis hasil rekaman wawancara, dan menyimpulkan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan bahwa penerapan penilaian berbasis kelas pada pembelajaran menulis naskah drama yang diterapkan oleh guru di kelas VIII SMP Negeri 1 Mepanga dengan menggunakan penilaian hasil kerja (Produk), telah sesuai dengan kompetensi dasar (KD) yang diajarkan yakni menulis naskah drama. Dengan demikian bentuk penilaian yang diterapkan oleh guru telah sesuai dengan teknik penilaian berbasis kelas yang berlaku. Kesimpulan dari penelitian ini yakni penerapan penilaian berbasis kelas pada pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII SMP Negeri 1 Mepanga sudah tepat. Guru telah menerapkan penilaian berbasis kelas sesuai dengan teknik penilaian yang ada dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kemudian peneliti menyarankan khususnya kepada guru-guru yang mengajar bahasa Indonesia dapa mengikuti penataran tentang penerapan penilaian berbasis kelas dengan tujuan agar penerapannya di lapangan mempunyai hasil yang maksimal.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011