SKRIPSI

Penulis / NIM
FEBRIYANTO SABOE / 311409103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
Febriyanto Saboe. 2016. Kesantunan Berbahasa Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar di Kelas XI SMA Negeri Kabila. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, (II) Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Prinsip-prinsip kesantunan berbahasa guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila dan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode deskriptif kualitatif ini untuk mengamati tindak tutur yang digunakan guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila. Sumber data dalam penelitian ini adalah tindak tutur guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini diantaranya teknik simak, teknik catat, dan tehnik rekam. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: (1) Mentranskripsikan tuturan lisan dari guru kedalam bentuk tulisan, (2) Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tuturan yang mengandung prinsip-prinsip kesantunan berdasarkan masalah yang diteliti, (3) Menganalisis dan menginterprestasikan data realisasi prinsip-prinsip kesantunan berbahasa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa (4) Menyimpulkan hasil data. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Prinsip-prinsip kesantunan terbagi atas 6 dasar maksim yakni maksim kebijaksanaan, maksim kemurahan, maksim penerimaan, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan dan maksim kesimpatian. (b) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa terbagi atas 5 faktor yakni kritik secara langsung dengan kata-kata kasar, dorongan rasa emosi penutur, protektif terhadap pendapat, sengaja menuduh lawan tutur dan sengaja memojokkan mitra tutur. Simpulan dari penelitian ini adalah kesantunan berbahasa pada guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila masih tergolong santun dan memahami prinsip-prinsip kesantunan, tetapi tidak sedikit pula guru yang masih tergolong tidak santun atau terpengaruhi oleh faktor-faktor penyebab ketidaksantunan. Kata-kata kunci: Kesantunan berbahasa, prinsip-prinsip kesantunan, faktor-faktor ketidaksantunan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011