SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMAD ZULFIKAL IBRAHIM / 311409115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
EABSTRAK Muh Zulfikal Ibrahim. 2016. Kemampuan Peserta Didik Menyusun Teks Eksposisi Kelas X SMA Muhammadiyah Batudaa Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo 2016. Pembimbingan I Dr.Hj. Asna Ntelu, M.Hum dan Pembimbing II Dr.H. Dakia N. Djou, M.Hum. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsiskan (1) kemampuan peserta didik kelas X SMA Muhamadiyah Batudaa Kab. Gorontalo menyusun teks ekposisi dilihat dari aspek struktur, (2) kemampuan peserta didik kelas X SMA Muhamadiyah Batudaa Kab. Gorontalo menyusun teks eksposisi dilihat dari aspek kebahasaan, (3) faktor-faktor yang menghambat peserta didik menyusun teks eksposisi, dan (4) menjelaskan upaya untuk memecahkan faktor penghambat kemampuan peserta didik dalam menyusun teks eksposisi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. penggunaan metode ini bertujuan untuk mengukur secara sistematis kemampuan seseorang, terutama pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah batudaa Kab. Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi (2) teknik tes kemampuan (3) teknik angket Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu (1) peserta didik kelas X SMA muhammadiyah kab. Gorontalo sudah mampu menyusun teks eksposisi sesuai dengan strukturnya, (2) tingkat kemampuan yang paling baik terdapat pada aspek penggunaan diksi dan keefektifan kalimat, (3) hambatan peserta didik dalam menyusun teks eksposisi terdapat pada aspek struktur (4) solusi dari hambatan peserta didik menyusun teks eksposisi yaitu dengan memperjelas setiap struktur teks dengan contoh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan peserta didik yang terdapat dalam kategori cukup dan kurang yaitu (1) struktur teks tesis sejumlah 4 orang atau 17 %, argumentasi 2 orang atau 8 % dan kurang 1 orang atau 4 %, penegasan ulang 5 orang atau 21 %, (2) aspek ketepatan ejaan kategori cukup sebanyak 4 orang atau 17 %. Kata-kata kunci: kemampuan, menyusun, teks eksposisi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011