Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Raoda, Mokodompit. 2014. Gaya Bahasa Iklan Tabloid Nova. Skirpsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Dr. H. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum selaku dosen pembimbing I dan Dr. Muslimin, M.Pd selaku pembimbing II. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya bahasa yang digunakan dalam Tabloid Nova edisi Maret-Mei 2013 dan bagaimana fungsi gaya bahasa dalam iklan pada Tabloid Nova edisi Maret-Mei 2013. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode simak. Metode ini digunakan dengan maksud menyimak objek penelitian dilakukan dengan menyadap. Untuk mendapat data, peneliti menyadap penggunaan bahasa, menyadap pembicaraan seseorang atau beberapa orang, atau menyadap penggunaan bahasa tulisan dalam iklan pada Tabloid Nova. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi: (1) membaca iklan Tabloid Nova, (2) mengidentifikasi gaya bahasa Tabloid Nova, (3) menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: penyalinan data, pengklasifikasi penggunaan gaya bahasa, penganalisis data, penyimpulan hasil analisis. Adapun sumber data yang diperoleh sebagai bahan kajian dalam penelitian ini adalah isi Tabloid Nova. Hasil diperoleh dari penelitian ini yakni gaya bahasa iklan Tabloid Nova edisi Maret-Mei 2013 meliputi; 1) gaya bahasa perbandingan (personifikasi, sinestesia, antonomasia, metonimia, hiperbola, fabel), gaya bahasa penegasan (repetisi, anafora, epistrofa, tautologi), dan gaya bahasa sindiran (sarkasme). 2) Fungsi gaya bahasa perbandingan untuk memberikan makna positif sehingga konsumen tertarik akan produk yang ditawarkan, fungsi gaya bahasa penegasan untuk menegaskan produk yang ditawarkan sehingga konsumen lebih meyakini dengan produk tersebut, dan fungsi gaya bahasa sindiran untuk mengalihkan pilihan konsumen dari suatu produk ke produk lain. Kata kunci: Gaya Bahasa, Iklan, Tabloid Nova