SKRIPSI

Penulis / NIM
RAODA MOKODOMPIT / 311409118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak

Raoda, Mokodompit. 2014. Gaya Bahasa Iklan Tabloid Nova. Skirpsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Dr. H. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum selaku dosen pembimbing I dan Dr. Muslimin, M.Pd selaku pembimbing II. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya bahasa yang digunakan dalam Tabloid Nova edisi Maret-Mei 2013 dan bagaimana fungsi gaya bahasa dalam iklan pada Tabloid Nova edisi Maret-Mei 2013. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode simak. Metode ini digunakan dengan maksud menyimak objek penelitian dilakukan dengan menyadap. Untuk mendapat data, peneliti menyadap penggunaan bahasa, menyadap pembicaraan seseorang atau beberapa orang, atau menyadap penggunaan bahasa tulisan dalam iklan pada Tabloid Nova. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi: (1) membaca iklan Tabloid Nova, (2) mengidentifikasi gaya bahasa Tabloid Nova, (3) menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: penyalinan data, pengklasifikasi penggunaan gaya bahasa, penganalisis data, penyimpulan hasil analisis. Adapun sumber data yang diperoleh sebagai bahan kajian dalam penelitian ini adalah isi Tabloid Nova. Hasil diperoleh dari penelitian ini yakni gaya bahasa iklan Tabloid Nova edisi Maret-Mei 2013 meliputi; 1) gaya bahasa perbandingan (personifikasi, sinestesia, antonomasia, metonimia, hiperbola, fabel), gaya bahasa penegasan (repetisi, anafora, epistrofa, tautologi), dan gaya bahasa sindiran (sarkasme). 2) Fungsi gaya bahasa perbandingan untuk memberikan makna positif sehingga konsumen tertarik akan produk yang ditawarkan, fungsi gaya bahasa penegasan untuk menegaskan produk yang ditawarkan sehingga konsumen lebih meyakini dengan produk tersebut, dan fungsi gaya bahasa sindiran untuk mengalihkan pilihan konsumen dari suatu produk ke produk lain. Kata kunci: Gaya Bahasa, Iklan, Tabloid Nova

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011