Penulis / NIM
HIYAN K. DJOU / 311409125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK
Hiyan K. Djou. 2013 Kemampuan guru menerapkan strategi picture and picture dalam menulis petunjuk melakukan sesuatu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Limboto Kabupaten gorontalo. Program studi SI Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing I Dr.Hj. Sayama P. Malabar, M.Pd, dan pembimbing II Salam, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yaitu (1) bagaimana kemampuan guru menerapkan strategi picture and picture? (2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan srtategi picture and picture? (3) bagaimanakah solusi sehingga guru mampu menerapkan srtategi picture and picture? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan guru menerapkan strategi picture and picture dalam menulis petunjuk melakukan sesuatu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan deskriptif kemampuan guru menerapkan strategi picture and picture dalam pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengamati hasil observasi dengan berpedoman pada rubrik penilaian hasil observasi.
Hal ini dikarenakan strategi picture and picture ini sebelumnya sudah diterapkan pada observasi tahap ke- 1 dan tahap ke- 2. Disamping itu guru juga sudah melatih siswa agar mengamati dan mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis. Meskipun pada saat observasi tahap ke -1 mengalami penurunan yakni dengan rata-rata skor 22%. Hal ini terjadi karena, guru tidak menerapkan strategi picture and picture sesuai dengan strukturnya, pada saat menampilkan gambar, ada beberapa gambar tidak dengan penamaan gambar tersebut.
Kata kunci : Kemampuan, Strategi Picture and Picture, Menulis Petunjuk
Download berkas