Penulis / NIM
VADRI KALAPATI / 311409128
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Vadri Kalapati 2013. Penggunaan Media Poster dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII/A di SMPN 1 Sang Tombolang Tahun Pelajaran 2012/2013 Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M. Pd. dan pembimbing II Dr. Supryiadi M. Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media poster dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa Kelas VIII/A SMPN 1 Sang Tombolang? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menggunakan media poster pada pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penggunaan media poster dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa Kelas VIII/A SMPN 1 Sang Tombolang dan deskripsi hasil belajar siswa dengan menggunakan media poster pada pembelajaran menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Metode deskripsi kualitatif ini digunakan untuk mendeskripsikan penggunaan media poster dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa Kelas VIII/A SMPN 1 Sang Tombolang dan pengaruh penggunaan media poster terhadapa hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) pengamatan, (2) wawancara, (3) tes dan (4) dokumen. Teknik analisi data terdiri atas prosedur (1) melakukan transkrip data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi (5) memberikan nilai (6) Pengkategorian hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan media poster dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII/A SMPN 1 Sang Tombolang berjalan dengan baik. Hal ini berdasarkan penggunaan media poster dilihat dari: (1) jenis media pembelajaran sudah sesuai yakni media cetak, (2) fungsi media poster sudah tepat yakni sebagai alat bantu, (3) bentuk media poster sudah baik, yakni media poster yang digunakan guru sederhana, memiliki motif dan desain yang bervariasi, (4) rencana pelaksanaan media pembelajaran sudah sesuai yakni sesuai dengan alokasi waktu, materi pembelajaran, metode, tujuan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, (5) proses pembelajaran sudah cukup baik namun belum maksimal karena media poster hanya digunakan pada tahap penugasan. Hal ini juga sesuai dengan hasil belajar siswa yang berjumlah 20 siswa menunjukan (1) hasil belajar siswa yang masuk kategori sangat baik berjumlah 8 siswa, (2) hasil belajar siswa yang masuk kategori baik berjumlah 7 siswa, (3) hasil belajar siswa yang masuk kategori cukup baik berjumlah 5 siswa. Berdasarkan hal tersebut rata-rata hasil belajar siswa masuk kategori baik dengan nilai rata-rata 81,7 atau 80-89%. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan media poster dalam pembelajaran menulis puisi dikategorikan sesuai dan baik.
Kata-kata kunci: Media poster, Menulis, Puisi.
Download berkas