Penulis / NIM
MINARNI MANI / 311409142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
Minarni Mani. NIM 311 409 142, “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Tapa”. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Tahun 2013. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Asna Ntelu, M. Hum; (2) Dr. Musimin, M. Pd. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yakni, “Apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik menentukan unsur intrinsik cerpen”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan peserta didik menentukan unsur intrinsik cerpen. Penelitian ini berbentuk Pre-Experimental Design (pra eksperimen) dengan desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design atau satu kelas atau kelompok dengan tes awal (pre test) dan tes akhir (post test). Sampel penelitian adalah kelas X.2 SMA Negeri 1 Tapa yang berjumlah 24 orang. Hasil analisis diperoleh harga thitung sebesar -5 dan tdaftar = t(0,975)(22) adalah 1,72 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = (24 - 2) = 22. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tapa menentukan unsur intrinsik cerpen. Berdasarkan temuan tersebut dusarankan agar guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menentukan unsur intrinsik cerpen Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Download berkas