SKRIPSI

Penulis / NIM
NURJANA A. GANI / 311410006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
ABSTRAK Nurjannah A Gani. 2015. "Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran Teks Tanggapan Deskriptif Pantun Pada Siswa Kelas VII5 SMPN 2 Suwawa TP. 2014/2015", (pembimbing I Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum dan pembimbing II Dr. Dakia N. Djou, M.Hum) Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan model role playing dalam pembelajaran teks tanggapan deskriptif pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa? 2) faktor-faktor apa saja yang menghambat guru dalam menerapkan model role playing dalam pembelajaran teks tanggapan deskriptif pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa? 3) bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan pada penerapan model role playing dalam pembelajaran teks tanggapan deskriptif pantun pada siswa SMP Negeri 2 Suwawa? Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori teks tanggapan deskriptif, pantun, dan model role playing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif ini adalah untuk menggambarkan fakta yang sebenarnya mengenai pembelajaran teks tanggapan deskriptif pantun dengan menggunakan model role playing. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disesuaikan dengan indikator yang diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model bermain peran (role playing) dalam pembelajaran teks tanggapan deskriptif pantun sudah dilaksanakan secara maksimal. Pemahaman siswa dalam pembelajaran teks tanggapan deskritif pantun dilihat melalui langkah-langkah role playing. (2) faktor-faktor yang menghambat guru yaitu (a) penggunaan model pembelajaran (b) pengetahuan guru terhadap model pembelajaran (c) karakter siswa. (3) upaya-upaya yang dilakukan guru (a) pendekatan terhadap siswa, (b) mengontrol suasana di dalam kelas, (c) memberikan pengulangan terhadap materi yang sama. Kata Kunci: Teks Tanggapa Deskritif, Pantun, Roel Playing.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011