Penulis / NIM
NI LUH PUTU DIANTARI / 311410009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Ni Luh Putu Diantari. 2014. "Kemampuan Guru Mengimplementasikan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia". Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru mengimplementasikan pendekatan kooperatif tipe numbered heads together dalam pembelajaran bahasa Indonesia, hambatan, dan upaya yang dilakukan guru mengatasi permasalahan tersebut?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengimplementasikan pendekatan kooperatif tipe numbered heads together dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori pendekatan kooperatif numbered heads together, dan pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data hasil pengamatan dianalisis secara kualitatif yang disesuaikan dengan rubrik penilaian yang berisi indikator yang diamati.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada observasi tahap 1 diperoleh nilai 60 dan observasi tahap 2 diperoleh nilai 68. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru mengimplementasikan pendekatan kooperatif tipe number heads together dalam pembelajaran bahasa Indonesia belum mampu atau berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 64.
Kata kunci : kemampuan, implementasi pendekatan kooperatif (NHT).
Download berkas