Penulis / NIM
RIZKAWATI MUSA / 311410010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELLYANA HINTA, M.Hum / 0023086208
Abstrak
Rizkawati Musa. 2014. Struktur dan nilai didaktis tinilo mohuntingo bagi masyarakat Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Dr. H. Karmin Baruwadi, S.Pd, M.Hum selaku pembimbing I dan Dr. H. Ellyana Hinta, S.Pd, M.Hum selaku pembimbing II.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah struktur dan nilai didaktis tinilo mohuntingo bagi masyarakat Gorontalo, dengan rumusan masalah (1) bagaimana struktur teks dan terjemahan tinilo mohuntingo bagi masyarakat Gorontalo? (2) bagaimana unsur intrinsik tinilo mohuntingo bagi masyarakat Gorontalo? (3) bagaimana nilai didaktis dari aspek verbal tinilo mohuntingo bagi masyarakat Gorontalo? (4) bagaimana nilai didaktis dari aspek nonverbal benda-benda adat ritual mohuntingo bagi masyarakat Gorontalo?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan nilai didaktis tinilo mohuntingo bagi masyarakat Gorontalo serta memperoleh gambaran tentang seluk beluk tinilo mohuntingo masyarakat Gorontalo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturalisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis struktur dan nilai didaktis dari aspek verbal tinilo mohuntingo serta nilai didaktis dari aspek nonverbal benda-benda adat ritual mohuntingo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan beberapa teknik sebagai berikut (1) memahami secara mendalam tinilo mohuntingo (2) mengklasifikasi tinilo mohuntingo (3) mengklasifikasi tinilo mohuntingo yang mengandung nilai didaktis (4) menganalisis struktur tinilo mohuntingo berdasarkan unsur fisik dan unsur batin puisi dengan menggunakan pendekatan strukturalisme (5) menganalisis nilai didaktis dari aspek verbal tinilo mohuntingo (6) menganalisis nilai didaktis dari aspek nonverbal perangkat adat ritual mohuntingo (7) menyimpulkan hasil analisis struktur dan nilai didaktis tinilo mohuntingo serta nilai didaktis dari aspek nonverbal perangkat adat ritual mohuntingo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelantun maupun pendengar tidak memahami bahasa Gorontalo asli, makna bahasa, dan makna benda-benda adat ritual mohuntingo. Tinilo mohuntingo merupakan bentuk puisi lama yang memiliki struktur intrinsik puisi yaitu struktur fisik dan struktur batin.
Berdasarkan struktur dan nilai didaktis tinilo mohuntingo yang dianalisis diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat Gorontalo agar tidak meninggalkan ritual adat serta memahami makna bahasa, dan makna benda-benda adat tinilo mohuntingo.
Kata Kunci: Struktur, Nilai didaktis, Tinilo mohuntingo
Download berkas