SKRIPSI

Penulis / NIM
I KADEK SUTARYANA / 311410012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK I Kadek Sutaryana, 2015. "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Pelajaran Memproduksi Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bongomeme Tahun Pelajaran 2014/2015". Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan pembimbing II Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana RPP yang digunakan guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning)? (2) bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dalam pelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bongomeme Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) apa saja hambatan yang dialami guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dalam pelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bongomeme Tahun Pelajaran 2014/2015?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dalam pelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bongomeme Tahun pelajaran 2014/2015. Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dan pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumenter. Data hasil pengamatan dianalisis secara kualitatif yang disesuaikan dengan indikator yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP yang digunakan guru dalam menerapkan model pembelajaran telah sesuai dengan ketentuan RPP; (2) penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dalam pelajaran memproduksi teks eksposisi dilaksanakan secara maksimal. Hal tersebut dapat dilihat pada langkah-langkah project based leaning yang dilaksanakan oleh guru yaitu pemberian proyek penetapan topik teks eksposisi, penentuan pertanyaan mendasar, penyusunan perencanaan proyek, penyusunan jadwal, monitoring, menguji hasil, dan evaluasi pengalaman; dan (3) hambatan yang dialami guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terdapat beberapa faktor yaitu (a) faktor penggunaan model pembelajaran; (b) keseriusan belajar siswa; (c) guru yaitu guru lebih aktif daripada siswa dalam kegiatan belajar; (d) keaktifan belajar siswa; (e) pengetahuan guru terhadap model pembelajaran; dan (f) pemantauan guru terhadap siswa saat melakukan tugas proyek. Kata kunci : penerapan, pembelajaran, model pembelajaran berbasis proyek (project based learning).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011