SKRIPSI

Penulis / NIM
ANNA MAGDALENA B. MOITO / 311410024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
ABSTRAK Anna Magdalena B. Moito, 2014. "Kemampuan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Gorontalo Kelas V SDN 2 Limboto Barat Tahun Ajaran 2014". Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pemasalahan dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana kemampuan peserta didik dalam aspek mendengarkan, (2). Bagaimana kemampuan peserta didik dalam aspek berbicara, (3) Bagaimana kemampuan peserta didik dalam aspek membaca, (4) bagaimana kemampuan peserta didik dalam aspek menulis. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan speserta didik kelas V SDN 2 Limboto Barat dalam pembelajaran muatan lokal bahasa Gorontalo. Adapun landasan teori yang mendasari dalam penelitian ini adalah teori tentang pembelajaran muatan lokal (Tirtaharja dan La sulo 2005), teori tentang kemampuan mendengarkan, kemampuan berbicara, kemampuan membaca, dan teori tentang kemampuan menulis, Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, dokumen dan rekaman. Untuk menganalisis data terkumpul dalam penelitian ini adalah Pengolahan skor menjadi nilai yaitu skor dibagi dengan jumlah soal dikalikan seratus. Dari pemerolehan skor tersebut selanjutnya di konveksi ke skala penilaian. Skala yang dipakai dalam penilaian ini yaitu skala 1-10. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian dalam penelitian ini tentang kemampuan siswa secara keseluruhan dari empat aspek yakni: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis diperoleh jumlah peserta didik yang berkategori baik sekali berjumlah 3 orang (13%), peserta didik berkategori baik berjumlah 2 orang (9%), peserta didik berkategori cukup berjumlah 5 orang (22%), peserta didik berkategori sedang berjumlah 8 orang (35%), peserta didik berkategori hampir sedang berjumlah 3 orang (13%), peserta didik berkategori kurang sekali berjumlah 1 orang (4%), dan peserta didik yang berkategori buruk sekali berjumlah 1 orang (4%). Dengan demikian kemampuan peserta didik dalam pembelajaran muatan lokal bahasa Gorontalo berkategori Sedang dengan nilai rata-rata 63.1. Kata kunci: Kemampuan, Pembelajaran,Muatan Lokal bahasa Gorontalo
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011