Penulis / NIM
UMMURUL HASANAH / 311410031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
ULFA ZAKARIA, S.Pd, M.Hum / 0023098103
Abstrak
ABSTRAK
Ummurul Hasanah. 2015. "Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Peserta Didik Tunarungu kelas VII SLB Negeri Kabupaten Gorontalo", (dibawah bimbingan Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum selaku pembimbing I dan Ulfa Zakaria S.Pd, M.Hum. selaku dosen pembimbing II) Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, (1) bagaimanakah RPP yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada KD "menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat efektif"? (2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara pada KD "menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat efektif"? (3) bagaimanakah evaluasi pembelajaran keterampilan berbicara pada KD "menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat efektif"?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pembelajaran keterampilan berbicara pada KD "menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat efektif".
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif ini adalah semata-mata untuk mengambarkan fakta yang sebenarnya mengenai pembelajaran keterampilan berbicara pada KD "menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat efektif". Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disesuaikan dengan indikator yang diamati.
Hasil analisis data menunjukan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara belum sesuai dengan langkah-langkah strategi yang di gunakan guru hanya beberapa tahap yang dilaksanakan, kemudian untuk mengukur keberhasilan peserta didik tunarungu dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada KD "menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat efektif" guru menggunakan penilaian visual yang seharusnya guru menggunakan penilaian bersistematis disesuaikan dengan strategi yang digunakan pada saat pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara pada KD "menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat efektif" belum terlaksanakan dengan baik.
Kata Kunci: Pembelajaran, Keterampilan Berbicara, Tunarungu.
Download berkas