SKRIPSI

Penulis / NIM
SURNITA K. DILAO / 311410033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Surnita K. Dilao. 2015. "Kemampuan Menulis Pantun yang Sesuai dengan Syarat Pantun pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Suwawa Tahun Pelajaran 2015/2016 ", (dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum selaku pembimbing I dan Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing II) Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun di kelas VIID SMPN 1 Suwawa? (2) Faktor-faktor apa sajakah yang menghambat kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun? (3) Bagaimanakah upaya untuk mengatasi faktor-faktor yang menghambat kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik tes kemampuan dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahapan yakni (1) mengoreksi pantun. (2) memberikan skor. (3) memberi nilai dengan mengunakan rumus. (4) mencari nilai rata-rata peserta didik . (5) nilai yang diperoleh diklasifikasi dalam bentuk kategori. (6) merumuskan Kesimpulan hasil penilitian. Hal ini dimaksudkan agar memperoleh hasil akhir dari keseluruhan penelitian atau kesimpulan dari permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun di kelas VIID SMPN 1 Suwawa dengan perolehan pada aspek penilaian kesesuaian dengan syarat-syarat pantun berjumlah 52, pada aspek kemenarikan isi pantun 40, dan pada aspek diksi 36 dengan jumlah skor keseluruhan yaitu 128. Kesimpulan penelitian ini yakni dari hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun, jumlah skor keseluruan yaitu 128 dan jumlah nilai 1280 dengan rata-rata 75% termasuk kategori nilai baik. Faktor-faktor yang menghambat kemampuan menulis pantun yaitu faktor guru, peserta didik, media dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Upaya terhadap masalah kemampuan peserta didik dalam menulis pantun dapat dilakukan dari aspek guru, peserta didik, media dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan, menulis pantun, syarat-syarat pantun.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011