Penulis / NIM
YUNARTI SULEMAN / 311410035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
YUNARTI, SULEMAN. 2015. Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Pembelajaran Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd, Pembimbing II Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan, faktor penghambat, dan upaya mengatasi faktor penghambat dalam penerapan pendekatan kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada pembelajaran menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam cerpen berdasarkan KTSP? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan, faktor penghambat, dan solusi pemecahan faktor penghambat dalam penerapan pendekatan kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada pembelajaran menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam cerpen berdasarkan KTSP.
Teori pendekatan kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang digunakan adalah teori Kagan (2009) dan Lie (2002). Metode penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: mengklasifikasi, mengindentifikasi, menetapkan solusi pemecahan, dan membuat simpulan hasil penelitian.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada pembelajaran menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam cerpen berdasarkan KTSP belum maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh belum maksimalnya pemahaman guru terhadap tahapan pendekatan kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Faktor penghambat adalah: (a) penyajian materi, (b) penerapan pendekatan pembelajaran, (c) waktu, dan (d) media pembelajaran.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada pembelajaran menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam cerpen berdasarkan KTSP SMP Negeri 1 Telaga tahun ajaran 2013/2014 pelaksanaannya belum maksimal. Faktor yang perlu diperhatikan adalah: (a) penyajian materi, (b) penerapan pendekatan pembelajaran, (c) waktu, dan (d) media pembelajaran.
Kata kunci : penerapan, pendekatan kooperatif tipe Two Stay Two Stray, nilai- nilai kehidupan, cerpen, KTSP.
Download berkas