SKRIPSI

Penulis / NIM
RIRIN TAMRIN / 311410037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK RIRIN TAMRIN. 2015. Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Memahami Struktur dan Kaidah serta Menginterpretasi Makna Teks Laporan Hasil Observasi Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd, Pembimbing II Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, faktor-faktor penghambat, serta solusi untuk mengatasi faktor penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran memahami struktur dan kaidah serta menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi berdasarkan kurikulum 2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, faktor-faktor penghambat, serta solusi untuk mengatasi faktor penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran memahami struktur dan kaidah serta menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi berdasarkan kurikulum 2013. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Mulyasa (2013:25) yang berkaitan dengan tahap-tahap proses pelaksanaan pembelajaran yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kinerja guru, teknik observasi, dokumenter, dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan guru melaksanakan pembelajaran memahami struktur dan kaidah serta menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi berdasarkan kurikulum 2013 sudah terlaksana dengan baik namun ada beberapa kriteria yang belum terlaksana dengan maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: (a) faktor fasilitas belajar, (b) faktor waktu, dan (c) faktor peserta didik. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan guru melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 4 Kota Gorontalo sudah terlaksana dengan baik. Namun, masih terdapat hal-hal yang perlu dipertimbangkan oleh guru berkaitan dengan pengelolaan kelas serta penggunaan tahapan-tahapan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Kata kunci: Kemampuan guru, memahami struktur dan kaidah, menginterpretasi makna, teks laporan hasil observasi, kurikulum.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011