Penulis / NIM
DWI NADRIYAH RAIHAN ABASI / 311410042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Dwi Nadriyah Raihan Abasi. 2014. Tindak Tutur Imperatif Anak Usia Dini di TK Damhil DWP UNG Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. Pembimbing II: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh deskripsi bentuk tindak tutur imperatif pada anak usia dini dan untuk memperoleh deskripsi makna tindak tutur imperatif pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, sumber data adalah tuturan imperatif, yang bersumber dari anak usia dini (5-6 tahun) yang berada di TK Damhil DWP UNG, teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan (observasi) dan teknik rekam. Tehnik analisis data yang digunakan adalah (1) Mentranskripsi data dari bentuk lisan ke bentuk tulisan agar lebih mudah untuk dianalisis. (2) Mereduksi data memilih hal-hal yang pokok dan memfokuskan pada hal-hal yang penting (3) Selanjutnya tahap penyajian data, pada tahap ini data disajikan dalam bentuk uraian-uraian singkat yang mudah dipahami. (4) Setelah trakskripsi, reduksi, dan penyajian, selanjutnya data dideskripsikan menggunakan kalimat sendiri. (5) Selanjutnya disimpulkan menggunakan kalimat sendiri.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bentuk tindak tutur imperatif sebagai berikut, (1) tindak tutur imperatif biasa, (2) tindak tutur imperatif permintaan, (3) tindak tutur imperatif pemberian izin, (4) tindak tutur imperatif ajakan, dan (5) tindak tutur imperatif suruhan. Makna tindak tutur pada anak usia dini meliputi makna pragmatik imperatif perintah, suruhan, desakan, ajakan, permintaan izin, mengizinkan, dan imperatif larangan.
Kata Kunci: tindak tutur imperatif, anak usia dini, TK Damhil.
Download berkas