Penulis / NIM
FARIDA MOKOGINTA / 311410051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Farida. Mokoginta. 2015. Kemampuan Menyusun Teks Tanggapan Deskriptif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Paguyaman Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Dakia N Djou, M.Hum. Pembimbing II Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah kemampuan siswa menyusun teks tanggapan deskriptif dilihat dari segi struktur isi dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015? (2) bagaimanakah kemampuan siswa menyusun teks tanggapan deskriptif dilihat dari kebahasaan (ejaan, kosakata dan kalimat) dalam pembelajran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015?
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyusun teks tanggapan deskriptif dilihat dari segi struktur isi dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015, Mendeskripsikan kemampuan siswa menyusun teks tanggapan deskriptif dilihat dari segi fitur bahasa (ejaan, kosakata, dan kalimat) dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015.
Metode yang dimaksud dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni tes kemampuan berupa tes tertulis. Data yang terkumpul diolah berdasarkan langkah-langkah analisis data dengan menggunakan rubrik penilaian kemampuan menyusun teks tanggapan deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, data yang dianalisis dengan menggunakan tes kemampuan diperoleh hasil sebagai berikut; (1) ditinjau dari permasalahan kemampuan menyusun teks tanggapan deskriptif dilihat dari struktur isi teks menunjukkan bahwa keseluruhan siswa termasuk pada kategori baik. (2) permasalahan yang ditinjau dari kemampuan menyusun teks tanggapan deskriptif dilihat dari kebahasaan (kosakata, kalimat dan ejaan) bahwa keseluruhan siswa termasuk pada kategori baik.
Dari kedua permasalahan di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyusun teks tanggapan deskriptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015 termasuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata 64,18.
Kata Kunci: Kemampuan, menyusun, teks tanggapan deskriptif
Download berkas