Penulis / NIM
ARISTA TALIKI / 311410054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Arista Taliki. 2015. Retorika Persuasif dalam Surat Pembaca pada Majalah Tempo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Dakia N Djou, M.Hum dan pembimbing II Dr. Fatma AR. Umar, M,Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah diksi retorika persuasif dalam surat pembaca pada majalah tempo. (2) bagaimanakah gaya bahasa retorika persuasif dalam surat pembaca dalam majalah tempo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan diksi retorika persuasif dalam surat pembaca pada majalah tempo, dan mendeskripsikan gaya bahasa retorika persuasif dalam surat pembaca pada majalah tempo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat yang memuat diksi dan gaya bahasa retorika persuasif dalam surat pembaca. Sumber data adalah surat pembaca pada majalah tempo tahun 2014. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) diksi retorika persuasif dalam surat pembaca pada majalah tempo meliputi diksi denotatif, konotatif, kata kajian, makna singkatan. Diksi-diksi tersebut digunakan untuk membantu pembaca memahami ulasan tentang diksi yang sebenarnya dalam setiap kalimat surat pembaca. (2) gaya bahasa retorika persuasif dalam surat pembaca meliputi gaya bahasa metafora, gaya bahasa klimaks, dan gaya bahasa repetisi. Gaya-gaya bahasa tersebut memiliki nilai yang dapat membantu pembaca meresapi, merayu, dan mempengaruhi pembaca.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa retorika persuasif dalam surat pembaca pada majalah tempo ditandai oleh diksi denotatif, konotasi, kata asing, kata kajian, makna singkatan. Selain diksi terdapat pula gaya bahasa retorika persuasif dalam surat pembaca pada majalah tempo ditandai oleh gaya bahasa metafora, klimaks, dan repetisi.
Kata kunci: retorika persuasif, diksi, gaya bahasa, surat pembaca
Download berkas