Penulis / NIM
WA ODE MELIS SUMARHANA / 311410057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
Sumarhana, Wa Ode Melis. 2015. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah efektivitas penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo? (2) faktor-faktor apa sajakah penghambat efektivitas penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan efektivitas, faktor-faktor penghambat penggunaan bahan ajar di kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) wawancara tidak terstruktur, 2) teknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa 1) efektivitas penggunaan bahan ajar di kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo belum maksimal karena belum memenuhi kriteria dari empat indikator bahan ajar yakni a) kemampuan guru dalam mengelolah bahan ajar, b) respon siswa terhadap pembelajaran yang positif, c) aktivitas belajar siswa, dan d) ketuntasan belajar siswa. 2) Faktor-faktor penghambat efektivitas penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo yaitu: (1) kemampuan guru dalam mengelolah bahan ajar belum maksimal, (2) respon siswa terhadap pembelajaran yang positif masih kurang, (3) aktivitas belajar siswa belum baik, dan (4) ketuntasan belajar belum memenuhi standar kelulusan.
Kata-kata kunci : Efektivitas, bahan ajar bahasa Indonesia
Download berkas