Penulis / NIM
SRI FATMAWATY / 311410068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Sri Fatmawaty. 2014. Kemampuan Menyusun Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VI-A SMP Negeri 3 Paguyaman, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum dan Pembimbing II. Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan menyusun teks eksposisi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015 dilihat dari segi struktur isi. (2) bagaimanakah kemampuan menyusun teks eksposisi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015 dilihat dari segi unsur kebahasaan (kosakata, ejaan, dan kalimat). Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menyusun teks eksposisi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015 dilihat dari segi struktur isi, dan (2) mendeskripsikan kemampuan menyusun teks eksposisi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015 dilihat dari segi unsur kebahasaan (kosakata, ejaan, dan kalimat).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berupa tes tertulis dan teknik dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Paguyaman tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 24 siswa, yang terdiri atas 12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kemampuan siswa menyusun teks eksposisi dilihat dari struktur berada pada kategori kurang (58,33%) dan aspek isi teks berada pada kategori cukup (58,33%). Kemampuan siswa menyusun teks eksposisi berdasarkan unsur kebahasaan; aspek kosakata berada kategori kurang (70,83%), aspek ejaan berada pada kategori kurang (75%), dan aspek kalimat berada pada kategori kurang (75%).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan menyusun teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Paguyaman, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo tahun pelajaran 2014/2015 berada pada kategori kurang (46,54%).
Kata-kata kunci: kemampuan, menyusun teks eksposisi, siswa SMP.
Download berkas