Penulis / NIM
NARIATI / 311410079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
NARIATI. Nim 311410079. Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo Menulis Berita Dengan Teknik Fading. Program studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo 2015. Pembimbing I Dr. Hj. Asna Ntelu, M. Hum, dan Pembimbing II Dr. Muslimin, M. Pd.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian yaitu: (1) bagaimana kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dalam menulis berita dengan teknik fading? (2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dalam menulis berita? (3) upaya-upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dalam menulis berita dengan teknik fading? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dalam menulis berita dengan teknk fading, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dalam menulis berita, (3) mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dalam menulis berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini dgunakan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dalam menulis berita dengan teknik fading.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sample atau sampel bertujuan. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VII 1 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo angkatan 2014/2015 yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari laki-laki 11 oang dan perempuan 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) memeriksa pekerjaan siswa, (2) memberikan skor atau penilaian hasil pekerjaan siswa, (3) pengolahan skor menjadi nilai, (4) menentukan patokan dengan presentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dalam menulis berita yang termasuk dalam kategori baik sekali 9 orang dengan keberhasilan 31,5%, kategori baik 17 orang dengan keberhasilan 59,5%, dan kategori cukup 2 orang dengan keberhasilan 7%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dalam menulis berita rata-rata berada pada kategori baik.
kata kunci: kemampuan, siswa, teknik fading, menulis berita
Download berkas