Penulis / NIM
JAINAB ARIFIN / 311410083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Jainab Arifin. 2014. Kemampuan Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra Dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Fatmah AR Umar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan menyusun teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur isi, unsur kebahasaan, kendala-kendala yang dihadapi, dan upaya yang dilakukan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyusun teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.
Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori hasil belajar, sistem penilaian, teks laporan hasil observasi, ejaan, kosakata, dan kalimat. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VII6 SMP Negeri 4 Kota Gorontalo berjumlah 31 orang. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan teknik dokumen, observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rubrik penilaian, dan menggunakan rumus distribusi frekuensi.
Berdasarkan penelitian dapat dikemukakan bahwa siswa menyusun teks laporan hasil observasi dari segi struktur teks berada pada kategori cukup sebanyak 42 % dari jumlah siswa, menyusun teks laporan hasil observasi dari segi isi berada pada kategori cukup sebanyak 42 % dari jumlah siswa, menyusun teks laporan hasil observasi dari segi kosakata berada pada kategori baik sebanyak 39 % dari jumlah siswa, menyusun teks laporan hasil observasi dari segi kalimat berada pada kategori cukup sebanyak 39 % dari jumlah siswa, menyusun teks laporan hasil observasi dari segi ejaan berada pada kategori baik sebanyak 84 % dari jumlah siswa.
Disimpulkan bahwa kemampuan menyusun teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo tahun ajaran 2014/2015 secara keseluruhan berada pada predikat baik dengan nilai rata-rata 60,16.
Kata kunci : kemampuan, menyusun teks laporan, hasil observasi
Download berkas