Penulis / NIM
SILVANA MOKODENSEHO / 311410089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Silvana Mokodenseho. Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bintauna Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, dan pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum
Pembelajaran memiliki hakikat perencanaan, atau perancangan sebagai upaya untuk membelajarkan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) RPP pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bintauna, (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bintauna, (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bintauna. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verification.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh cakupan 1) Rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan guru pada kelas X SMA 1 Bintauna tidak sesuai dengan komponen RPP yang ada dalam Permen No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses. Komponen yang tidak sesuai tersebut adalah metode, langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada tahap konfirmasi, tidak dicantumkannya indikator pencapaian kompetensi. 2) Pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi terutama pada kegiatan inti pembelajaran, terdapat beberapa langkah yang tidak sesuai dengan yang direncanakan dalam RPP. Langkah-langkah yang tidak sesuai adalah a) guru tidak melaksanakan tahap elaborasi dan konfirmasi, b) pada kegiatan penutup guru tidak menyimpulkan materi pembelajaran, dan 3) Bentuk penilaian dan instrumen yang dibuat guru tidak sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Oleh karena tugas yang diberikan kepada siswa hanya berupa praktek menulis paragraf argumentasi, seharusnya bentuk penilainnya adalah nontes.
Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Paragraf Argumentasi.
Download berkas