Penulis / NIM
NANGSI R. SADU / 311410107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Sadu, Nangsi R. NIM. 311410107. "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 3 Kwandang Tahun Pelajaran 2014/2015". Pembimbing I: Ibu Prof. Dr. Hj. Sayama P. Malabar M.Pd. dan pembimbing II: Ibu Dr. Hj. Asna Ntelu M. Hum. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas prosedur pembelajaran menulis cerpen guna meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Kwandang pada kompetensi menulis teks cerpen dengan menggunakan model PBM.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode yang digunakan ialah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan adalah teknik observasi, tes kemampuan, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data ialah gabungan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah analisis data meliputi: (1) membaca hasil cerpen peserta didik; (2) menganalisis data hasil observasi; (3) menganalisis data hasil karya peserta didik; (4) mentabulasi data; (5) menginterpretasi data; (6) menyimpulkan hasil penelitian.
Secara umum hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kwandang dalam kompetensi menulis teks cerpen, baik menulis tahap orientasi, komplikasi maupun resolusi. Setelah dilakukan analisis data hasil observasi siklus I dan siklus II terhadap kemampuan menulis cerpen peserta didik dengan menggunakan model PBM, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada siklus I, tingkat kemampuan peserta didik menulis cerpen berdasarkan strukturnya masih rendah, persentase keberhasilan peserta didik menulis cerpen adalah (72.6%) perolehan ini belum mencapai standar ketuntasan secara klasikal. (2) siklus II, kemampuan peserta didik menulis cerpen mengalami peningkatan, tingkat keberhasilan peserta didik mencapai (80.27%) persentase tersebut menunjukkan bahwa telah mencapai standar ketuntasan secara klasikal yang telah ditetapkan yakni 75%.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Masing-masing siklus menggunakan model PBM, penerapan model PBM tersebut dapat meningkatkan kemampuan peserta didik menulis teks cerpen berdasarkan strukturnya, apabila langkah-langkah pembelajarannya dilaksanakan dengan baik dan optimal oleh guru.
Kata Kunci: penerapan, model PBM, menulis teks cerpen.
Download berkas