Penulis / NIM
SANDRA DJAMA / 311410110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Djama, Sandra. 2017. Penggunaan Kalimat Tanya pada Anak Usia Dini, (Studi Deskriptif di TK Pembina Desa Bulontio Barat Kec. Sumalata Kab. Gorontalo Utara). Skripsi. Gorontalo: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd; Pembimbing II: Dr. Fatma AR. Umar M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Penggunaan Jenis-Jenis Kalimat Tanya Anak Usia Dini, Penggunaan Makna Kalimat Tanya Anak Usia Dini, dan Penggunaan Struktur Kalimat Tanya Anak Usia Dini yakni: (1) Untuk mendeskripsikan jenis-jenis kalimat tanya anak usia dini?, (2) Untuk mendeskripsikan fungsi kalimat tanya anak usia dini? dan, (3) untuk mendeskripsikan struktur kalimat tanya anak usia dini?
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penggunaan jenis-jenis kalimat tanya pada anak usia dini di TK Pembina, (2) Mendeskripsikan fungsi kalimat tanya pada anak usia dini di TK Pembina, dan (3) Mendeskripsikan struktur kalimat tanya pada anak usia dini di TK Pembina.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan mengacu teori bentuk kalimat tanya kajian linguistik. Penelitian ini yang menjadi informan adalah anak usia dini di TK Pembina Desa Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara.
Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) penggunaan jenis-jenis kalimat tanya pada anak usia dini; (2) Fungsi penggunaan kalimat tanya pada anak usia dini,dan (3) Struktur kalimat tanya pada anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, jenis-jenis kalimat Tanya terbagi atas lima yaitu, (1) kalimat tanya biasa, (1) kalimat tanya retotirs, (2) kalimat tanya tersamar, (3) kalimat tanya klarifikasi, dan (4) kalimat tanya perintah. fungsi kalimat Tanya sebagai berikut. (1) untuk menggali informasi, (2) untuk meminta atau memohon, (3) untuk memperjelas suatu persoalan, (4) melarang atau mengajak seseorang, dan (5) merayu,menyindir, meyakinkan, dan menyanggah. Strutkur kalimat tanya yang digunakan adalah (1) struktur kalimat berita + kata tanya apa, (2) struktur penggantian unsur kalimat berita dengan kata tanya, (3) menggunakan struktur inversi kalimat berita + intonasi tanya, dan (4) struktur kalimat perintah langsung. Sedangkan saran dalam penelitian adalah sebagai guru bahasa Indonesia seahrusnya di lingkungan pendidikan diterapakn sebuah peraturan untuk menggunakan bahasa Indonesia dilingkungan pendidikan khususnya pada anak usia dini.
Kata-kata kunci: jenis, fungsi, struktur, kalimat tanya, anak usia dini.
Download berkas