Penulis / NIM
MIRANTI SAMHEDA / 311411001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
Miranti Samheda. 2015 "Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick terhadap Kemampuan Mengomentari Pendapat dalam Diskusi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi. M,Pd dan pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil kemampuan siswa mengomentari pendapat dalam diskusi dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick di kelas eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo tahun pelajaran 2014/2015?, bagaimanakah hasil kemampuan siswa mengomentari pendapat dalam diskusi dengan menggunakan metode konvensional di kelas kontrol pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo tahun pelajaran 2014/2015?, dan apakah terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick terhadap hasil kemampuan siswa mengomentari pendapat dalam diskusi pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo tahun pelajaran 2014/2015?.
Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori pembelajaran talking stick, meliputi pengertian metode pembelajaran talking stick, langkah-langkah metode pembelajaran talking stick, faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode talking stick, dan keunggulan dan kelemahan metode pembelajaran talking stick. Mengomentari pendapat dalam diskusi, meliputi pengertian diskusi, langkah-langkah diskusi kelompok, teknik berbicara dan etiketnya, dan cara mengomentari pendapat dalam diskusi. Metode yang digunakan adalah metode dengan desain eksperimen yaitu desain posstest only control design dan jenis penelitian eksperimen. Data dikumpulkan dengan teknik tes yaitu unjuk hasil.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil kemampuan siswa mengomentari pendapat dalam diskusi dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick dengan nilai rata-rata 68,70 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional, hasil kemampuan siswa mengomentari pendapat dalam diskusi pada kelas yang menggunakan metode konvensional dengan nilai rata-rata 60,18 dengan jumlah siswa 27 orang, dan terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick terhadap kemampuan mengomentari pendapat dalam diskusi pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo yang menunjukan hasil t hitung lebih besar dari t tabel yaitu -1,671,67 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: Pengaruh, Talking Stick, konvensional dan Mengomentari Pendapat dalam Diskusi
Download berkas