SKRIPSI

Penulis / NIM
ERNA MEIDYANI / 311411008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELLYANA HINTA, M.Hum / 0023086208
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Abstrak
ABSTRAK Erna Meidyani. 2015. Kemampuan Siswa Kelas VII Menulis Kembali Cerita Pendek Yang Dibaca di SMP Negeri 13 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Dr. Hj Ellyana. G. Hinta, M. Hum sebagai pembimbing I dan Dr. Sance A Lamusu, M. Hum sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini yakni kurangnya pemahaman siswa dalam mempelajari karya sastra berbentuk cerita pendek. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; (1) bagaimanakah kemampuan siswa menentukan unsur-unsur intrinsik cerita pendek yang dibaca? (2) bagaimanakah kemampuan siswa menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang dibaca? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran jelas tentang kemampuan siswa kelas VII menulis kembali cerita pendek yang dibaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan dengan jelas kemampuan siswa menulis kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang dibaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes kemampuan. Teknik analisis data dengan melakukan transkripsi data yang telah terkumpul, kemudian membuat analisis data berdasarkan rumusan masalah yang telah diperoleh dan dijelaskan satu persatu, selanjutnya menyimpulkan hasil analis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII-2 SMP Negeri 13 Gorontalo menulis kembali cerita pendek termasuk kategori kurang mampu. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis kerja siswa kelas VII-2 SMP Negeri 13 Gorontalo menulis kembali cerita pendek yang dibaca. Analisis hasil diperoleh data bahwa jumlah siswa yang masuk pada kategori sangat mampu 5 orang atau 22%. Kategori mampu berjumlah 3 orang atau 13%. Kategori cukup mampu berjumlah 6 orang atau 26%. Kategori kurang mampu berjumlah 3 orang atau 13%. Sedangkan siswa yang masuk dalam kategori tidak mampu berjumlah 6 orang atau 26%. Kesimpulan secara keseluruhan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas VII-2 menulis kembali cerita pendek yang dibaca termasuk dakam kategori kurang mampu. Kata Kunci: Menulis kembali dan Cerita pendek
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011