Penulis / NIM
MAS`UD A. MANURUD / 311411009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Mas'ud A. Manurud. 2015. Penerapan Strategi Pemodelan dalam Pembelajaran mebaca Puisi pada Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 13 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Dakia N. Djou, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar M.Pd
Masalah dalam penelitian ini yakni; (1) bagaimanakah penerapan strategi pemodelan terhadap pembelajaran membaca puisi oleh guru, (2) bagaimanakah hambatan yang dialami guru dalam menerapkan strategi pemodelan terhadap pembelajaran puisi, dan (3) bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan penerapan strategi pemodelan pada pembelajaran membaca puisi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan strategi pemodelan, hambatan-hambatan yang dialami guru, serta upaya yang dilakukan guru mengatasi hambatan dalam pembelajaran membaca puisi.
Teori yang melandasi penelitian ini yakni strategi pemodelan, prosedur pelaksanaan strategi pemodelan, hakikat membaca puisi, tujuan pembelajaran membaca puisi, teknik membaca puisi dan penilaian membaca puisi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan melihat kesesuaian penerapan strategi pemodelan saat pembelajaran berlangsung, dilanjutkan dengan pemberian skor yang dilihat dari ketepatan pelaksanaan strategi pemodelan serta pengkategorian penilaian melalui skor dan pengambilan kesimpulan yang disesuaikan dengan data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pemodelan dalam pembacaan puisi pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 13 Gorontalo sebagian besar telah terlaksana. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan terhadap penerapan strategi pemodelan dalam pembelajaran membaca puisi. Dari sembilan aspek yang diterapkan, enam aspek di antaranya sudah tergolong dalam kategori sngt baik yaitu, (1) guru memberikan model yang bisa dilihat oleh siswa di dalam kelas, (2) guru tidak terlalu banyak memberikan penjelasa, (3) guru tidak menggunakan model untuk mengisi waktu, (4) guru mengintegrasikan materi dengan alat-alat yang digunakan dalam kelas dan (5) guru hanya memberikan model pilihan saja dan (6) guru mendorong siswa bertanya dan memberikan kritik. Tiga diantaranya belum terlaksana dan tergolong dalam kategori kurang baik yaitu, (1) banyaknya model yang ditampilkan oleh guru, (2) menggunakan model yang saling berhubungan dan (3) guru menggunakan model dengan skala yang berbeda. Simpulannya penerapan strategi pemodelan dalam pembelajaran membaca puisi sebagian besar telah terlaksana dengan baik.
Kata kunci: Penerapan, Strategi Pemodelan, Puisi
Download berkas