Penulis / NIM
MASTIN HUNOWU / 311411010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
ABSTRAK
MASTIN HUNOWU. 2016. Kemampuan Mengubah Teks Hasil Wawancara Menjadi Paragraf Narasi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) prof. Dr. Sayama Malabar, M. Pd, (II) Dr. Dakia N. Djou, M. Hum.
Pembelajaran mengubah teks hasil wawancara menjadi paragraf narasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas X SMA/MA. Namun kompetensi dasar ini belum tercapai sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Oleh sebab itu,penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tilamuta mengubah teks hasil wawancara menjadi paragraf narasi ditinjau dari aspek penggunaan kalimat tidak langsung, kesesuaian isi, ejaan, diksi, kronologis kejadian, dan kerapian tulisan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan untuk menguraikan dan menggambarkan permasalahan secara objektif. Data penelitian ini merupakan penggunaan kalimat tidak langsung, kesesuaian isi, ejaan, diksi, kronologis kejadian, dan kerapian tulisan. Sumber datanya diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam mengubah teks hasil wawancara menjadi paragraf narasi. Data-data tersebut dijaring/diperoleh dari hasil tes kemampuan berbentuk essay setiap individu. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara membaca satu persatu hasil kerja siswa, memberikan skor/nilai sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, melakukan penilaian menggunakan rubrik dan dihitung menggunakan rumus, dan mengkonvensi ke skala penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengubah teks hasil wawancara menjadi paragraf narasi ditinjau dari aspek: (1) penggunaan kalimat langsung memperoleh nilai rata-rata 75 (kategori baik), (2) kesesuaian isi rata-rata hasil 75 (kategori baik), (3) ejaan dan tanda baca rata-rata hasil 73.5 (kategori cukup), (4) diksi rata-rata 75.6 rata-rata 75.6 (kategori baik),(5) kronologis kejadian rata-rata 74.4 (kategori cukup), (6) kerapian tulisan rata-rata 75 (kategori baik). Dengan demikian, kemampuan siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tilamuta mengubah teks hasil wawancara menjadi paragraf narasi secara keseluruhan sebesar 75 (kategori baik ).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengubah teks hasil wawancara menjadi paragraf narasi siswa berada pada kategori baik.
Kata Kunci: Kemampuan, teks hasil wawancara, paragraf narasi,
Download berkas