SKRIPSI

Penulis / NIM
OGE SARASWATI / 311411020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
ULFA ZAKARIA, S.Pd, M.Hum / 0023098103
Abstrak
ABSTRAK Oge Saraswati. NIM 311411020.Pelaksanaan Pembelajaran Remedial Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I, Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M,Pd., Pembimbing II Ulfa Zakaria S.Pd, M. Hum. Pembelajaran remedial merupakan pembelajaran ulang yang diberikan kepada peserta didik yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian hanya fokus pada pelaksanaan pembelajaran remedial. Pembelajaran remedial merupakan salah satu kegiatan guru yang dilakukan untuk memperbaiki hasil yang tidak dicapai oleh peserta didik pada umumnya. Permasalahan dalam penelitian adalah (1) kompetensi dasar apakah yang diremedial peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo? (2) bagaimanakah program yang digunakan untuk pembelajaran remedial peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo? (3) bagaimana pelaksanaan pembelajaran remedial mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo? (4) Faktor-faktor apa sajakah yang menghambat pembelajaran remedial peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo. Tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni (1) mengamati guru yang sedang memberikan pembelajaran remedial kepada peserta didik, (2) melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang memberikan pembelajaran remedial kepada peserta didik, (3) menyusun hasil laporan penelitian berupa skripsi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Pembelajaran remedial bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo, KDyang diremedi dalam pembelajaran yang diremedial pada kelas X IPS 5 (1) mengidentifikasi struktur teks eksposisi pada teks ideal, dan (2) mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks eksposisi pada teks idel. Pada kelas X MIA 4 KD yang diremedi adalah mengidentifikasi struktur teks prosedur. Hal ini diperoleh dari hasil uji kompetensi yang dilakukan peserta didik. Program pelaksanaan pembelajaran remedial guru tidak menyusun RPP. Guru hanya membuat rencana kegiatan pembelajaran remedial. Peneliti juga menemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran remedial dilaksanakan dalam tiga tahap. Pelaksanaannya bukan di jam pembelajaran utama tetapi bersamaan dengan pembelajaran yang utama. Peneliti menemukan kurangnya persiapan guru untuk memberikan pembelajaran remedial kepada peserta didik, sehingga menyebabkan pelaksanaan pembelajaran kurang efektif. Kata-Kata kunci :pelaksanaan, pembelajaran, remedial, peserta didik SMA.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011