SKRIPSI

Penulis / NIM
NURZEIN K. BAGI / 311411023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Nurzein K. Bagi. 2017. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo 2017/2018. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan pembimbing II: Dr. Muslimin, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo. (2) Relevansi sumber belajar yang digunakan dengan kompotensi dasar (KD) yang diajarkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo. (3) Kendala-kendala pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, relevansi sumber belajar yang digunakan dengan Kompotensi Dasar (KD) yang diajarkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia, serta kendala-kendala pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Gorontalo, pada bulan September sampai November 2017. Data dalam penelitian ini adalah sumber belajar yang digunakan, relevansi sumber belajar dengan kompetensi dasar (KD), dan kendala-kendala yang dihadapi guru. Sumber data dalam penelitian adalah sekolah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan guru Bahasa Indonesia kelas XI SMK Negeri 3 Kota Gorontalo, Siswa dan Pustakawan. Data-data tersebut dikumpulkan denga menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan cara mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis menyimpulkan dan melaporkan. Hasil analisis data maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sumber belajar yang terdapat yaitu: sumber belajar cetak, sumber belajar non cetak, sumber belajar berupa fasilitas, sumber belajar kegiatan, sumber belajar lingkungan, dan sumber belajar manusia. (2) Relevansinya sumber belajar yang digunakan guru belum relevan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai karena guru tidak menggunakan sumber yang lain. (3) Kendala-kendala yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo yaitu: (a) Tingkat partisipasi guru rendah. (b) Siswa hanya punya sedikit waktu istirahat sehingga untuk meminjam buku diperpustakaan relatif kecil. (3)Jam layanan perpustakaan yang relatif pendek. Simpulan dalam penelitian ini pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo belum dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh guru. Kata-kata Kunci: pemanfaatan, sumber belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011