Penulis / NIM
RIDAS NENG KURNIAWATI LANGI / 311411029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
ABSTRAK
Ridas Neng Kurniawati Langi. Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi dengan Strategi Cooperative Tipe Integrated Reading And Composition pada Siswa Kelas X SMA Prasetya Gorontalo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, dan pembimbing II Dr. H. Dakia N Djou, M.Hum
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah RPP yang digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan strategi cooperative tipe integrated reading and composition pada siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo?, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan strategi cooperative tipe integrated reading and composition pada siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo, (3) Apa saja hambatan-hambatan yang muncul dalam menulis paragraf argumentasi dengan strategi cooperative tipe integrated reading and composition pada siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo, (4) Bagaimanakah pemecahan masalah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan strategi cooperative tipe integrated reading and composition pada siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo.
Metode yang digunakan metode deskriptif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari proses pembelajaran. Teknik analisis data adalah menguraikan secara kualitatif data hasil observasi pelaksanaan pembelajaran, hambatan yang muncul, dan pemecahan masalah untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi dengan Strategi Cooperative Tipe Integrated Reading and Composition.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang digunakan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan sudah terancang dengan sistematis, pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan strategi cooperative tipe integrated reading and composition dilaksanakan tiga tahap yakni tahap kegiatan pendahuluan yang diisi dengan orientasi, kegiatan inti yang diisi dengan tahap eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, dan kegiatan penutup yang diisi dengan refleksi. Hambatan yang muncul dari siswa yakni siswa tidak siap belajar dan siswa kurang disiplin, hamabatan yang muncul dari peneliti yakni peneliti kurang teliti melaksanakan tahapan kegiatan di dalam RPP, peneliti kurang memaksimalkan waktu pembelajaran, hambatan yang muncul dari segi ketersediaan waktu yaitu peneliti tidak menggunakan waktu secara efisien dan contoh paragraf argumentasi yang dibacakan oleh siswa berulang kali. Hambatan yang muncul dari segi fasilitas adalah kurangnya media pembelajaran dan tidak adanya media LCD.
Kesimpulannya adalah pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan strategi cooperative tipe integrated reading and composition sudah dilaksanakan sesuai komponen-komponen RPP meskipun masih terdapat beberapa hambatan akan tetapi strategi yang digunakan sudah berhasil diterapkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil diskusi tiap kelompok yang sudah sesuai dengan langkah-langkah menulis paragraf argumentasi.
Kata Kunci: Pembelajaran, menulis, paragraf argumentasi, strategi cooperative tipe integrated reading and composition
Download berkas