Penulis / NIM
YESTIN AHMAD / 311411035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
YESTIN AHMAD. 2015. "Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasif dengan Strategi PAIKEM Siswa Kelas X SMA Prasetya Gorontalo Tahun Pelajaran 2014/2015". Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indoneesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Asna Ntelu M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran menulis paragraf persuasif, faktor-faktor yang penghambat dan upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan strategi PAIKEM siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran menulis paragraf persuasif, faktor-faktor penghambat, dan upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif.
Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori pembelajaran menulis paragraf persuasif, dan strategi PAIKEM. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi dan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari proses pembelajaran. Teknik analisis data adalah menguraikan secara kualitatif data hasil observasi pelaksanaan pembelajaran, faktor penghambat, dan upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran menulis paragraf dengan strategi PAIKEM.
Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan strategi PAIKEM siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo belum terlaksana dengan maksimal; (a) kurangnya pemahaman guru terhadap strategi yang digunakan; (b) tidak melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP; (c) tidak menggunakan waktu dengan efektif; (2) hambatan dalam proses pembelajaran bersumber dari siswa, guru, waktu, startegi pembelajaran, dan lingkungan; (3) upaya mengatasi hambatan tersebut adalah mendisiplinkan siswa dalam belajar, pengoptimalan pembelajaran, pengefektifan waktu belajar, pengoptimalan strategi belajar yang digunakan, dan penciptaaan kondisi lingkungan yang kondusif.
Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan strategi PAIKEM belum terlaksana dengan maksimal. Faktor penghambat bersumber dari siswa, guru, waktu, strategi, dan lingkungan. Upaya mengatasi hambatan tersebut adalah mendisiplinkan siswa dalam belajar, pengoptimalan pembelajaran, pengefektifan waktu belajar, pengoptimalan strategi belajar yang digunakan, dan penciptaaan kondisi lingkungan yang kondusif.
Kata kunci: Pembelajaran menulis, paragraf persuasif, strategi PAIKEM.
Download berkas