Penulis / NIM
GRACE INDAH MARISTA / 311411036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
ABSTRAK
Grace Indah Marista. 2015. Bahasa Guru dalam Proses Pembelajaran di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Prof. DR. Supriyadi, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. H. Dakia N. Djou, M.Hum sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) pemilihan kata, (2) pemilihan kalimat, (3) pemilihan makna dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kihajar Dewantoro Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrument utama dalam mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik rekaman. Sumber data dan data penelitian adalah guru dalam proses pembelajaran. Prosedur analisis data dilakukan dengan menyalin data rekaman ke dalam bentuk tertulis, mencermati hasil transkripsi, mengidentifikasi data bahasa guru, mengklasifikasi tataran guru yang terindikasi bermasalah, menganalisis data tentang (1) pemilihan kata yang digunakan guru pada saat mengajar di TK, (2) pemilihan kalimat yang digunakan guru pada saat mengajar di TK, (3) pemilihan makna yang digunakan guru pada saat mengajar di Taman Kanak-kanak Kihajar Dewantoro Gorontalo, mendeskripsikan hasil analisis data, kemudian menarik kesimpulan dari usaha tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan guru dalam proses pembelajaran menggunakan bahasa sehari-hari yaitu bahasa Indonesia dialek Manado dan Gorontalo. Pemilihan kata yang digunakan guru saat mengajar menggunakan kata-kata yang mudah dipahami anak TK sehingga proses pembelajaran berjalan baik. Pemilihan kalimat yang digunakan guru saat mengajar sudah menggunakan kalimat yang mencapai sasaran komunikasinya dan anak TK terlihat lebih mengerti pada setiap kalimat yang disampaikan guru sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Dan pemilihan makna yang digunakan guru saat mengajar terdapat 3 data bahasa guru yang menggunakan makna konotasi atau makna khiasan dan beberapa anak TK ada yang belum mengerti makna yang disampaikan guru dalam proses pembelajaran. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan guru di TK saat mengajar sudah seharusnya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami anak TK yaitu bahasa sehari-hari. Guru TK lebih komunikatif yaitu tidak menggunakan istilah-istilah yang sulit dipahami anak TK sehingga dalam menyampaikan bahasanya guru lebih menyesuaikan dengan apa yang sedang dialami anak TK sehingga komunikasi yang terjadi menjadi menyenangkan bagi anak.
Kata-kata Kunci: bahasa guru, pembelajaran, anak TK
Download berkas