Penulis / NIM
MUSLIMIN / 311411037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Muslimin. 2015 "Pembelajaran Menulis Naskah Drama Berdasarkan Cerpen yang Sudah Dibaca pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Telaga Tahun Pelajaran 2014/2015". Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan pembimbing II Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah RPP pembelajaran menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca yang digunakan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga tahun pelajaran 2014/2015?, (2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga tahun pelajaran 2014/2015?, (3) apa sajakah hambatan dalam pelaksanakan pembelajaran menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga tahun pelajaran 2014/2015?, dan (4) bagaimanakah upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga tahun pelajaran 2014/2015?
Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori pembelajaran bahasa Indonesia di SMP, drama, dan cerpen, langkah-langkah menulis drama berdasarkan cerpen, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran menulis sastra, pelaksanaan pembelajaran, RPP. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan (1) RPP yang gunakan belum seluruhnya sesuai, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca dilakukan dengan kegiatan penyampaian materi, siswa membaca teks cerpen secara keseluruhan, mengidentifikasi ide pokok cerpen, mengidentifikasi tokoh dan penokohan, latar, menggolongkan dialog berdasarkan tokoh, dan menulis naskah drama, (3) hambatan pembelajaran menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca, di antaranya guru kurang memperhatikan rambu-rambu kegiatan pembelajaran yang ada dalam RPP, guru belum memaksimalkan metode pembelajaran yang digunakan, guru tidak memberikan evaluasi pembelajaran, siswa belum memahami materi secara mendalam, dan siswa kurang disiplin dan perhatian dalam mengikuti pembelajaran, (4) upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca, di antaranya adalah memperhatikan kembali rambu-rambu kegiatan dalam RPP, memaksimalkan metode pembelajaran yang digunakan, memberikan evaluasi pembelajaran, selalu bertanya kepada guru terhadap materi yang belum dipahami, dan memberikan tanggung jawab atau peran pada masing-masing siswa.
Kata kunci: pembelajaran, menulis, naskah drama, cerpen.
Download berkas