Penulis / NIM
SRIYAYU M. AKASE / 311411040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yayu.M. Akase. Pembelajaran Menulis Rangkuman dengan Menggunakan Strategi Cooperative Script pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tolinggula Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, dan pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum
Pembelajaran memiliki hakikat perencanaan atau perancangan sebagai upaya untuk membelajarkan siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan, hambatan, dan solusi untuk mengtasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis rangkuman dengan menggunakan strategi cooperative script. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, hambatan dan solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis rangkuman dengan menggunakan strategi cooperative script pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tolinggula.
Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori pembelajaran menulis rangkuman, dan strategi cooperative script. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menguraikan data pelaksanaan, mengidentifikasi hambatan-hambatan, menetapkan solusi hambatan-hambatan, serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis rangkuman dengan menggunakan strategi cooperative script dilakukan melalui 3 tahap yaitu kegiatan awal, inti dan akhir. (2) hambatan dalam pelaksanaaan pembelajaran menulis rangkuman yaitu bersumber dari peneliti: (a) tidak ada media LCD, (b) kehabisan waktu, (c) tidak menggunakan bahasa lisan yang baik dan benar. Hambatan yang bersumber dari peserta didik: (a) masih terlihat malu-malu/tidak percaya diri dalam membacakan hasil rangkumannya, (b) peserta didik belum sepenuhnya memahami materi pembelajaran secara mendalam. (3) solusi untuk mengatasi hambatan pembelajaran menulis rangkuman yang bersumber dari peneliti: (a) pihak sekolah harus memaksimalkan fassilitas media pembelajaran, (b) peneliti harus memperhatikan waktu dan menggunakan media LCD, (c) peneliti harus menggunakan istilah yang mudah dipahami oleh peserta didik. Solusi untuk mengatasi peserta didik: (a) peneliti memberikan motivasi kepada peserta didik yang masih malu-malu/tidak percaya diri, (b) bertanya kepada peneliti terhadap materi yang kurang dipahami.
Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis rangkuman dengan menggunakan strategi cooperative script sudah dilaksanakan sesuai dengan tahapan RPP dan prosedur strategi cooperative script walaupun masih ada beberapa hambatan yang bersumber dari peneliti dan peserta didik. Hambatan dari peneliti adalaha (a) tidak ada media, (b) kehabisan waktu, (c) tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hambatan yang bersumber dari peserta didik adalah (a) masih terlihat malu-malu dalam membacakan hasilnya rangkumannya, (b) belum sepenuhnya memahami materi pembelajaran secara mendalam.
Kata Kunci: Pembelajaran menulis rangkuman, strategi cooperative script.
Download berkas