Penulis / NIM
NURAIN KASIM / 311411050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Nurain Kasim. 2016. Pembelajaran Menyimak Dongeng dengan Menggunakan Media Audio (Tape Recorder) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd dan pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M. Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan media audio (Tape Recorder), mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan media (Tape Recorder), evaluasi penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan media (Tape Recorder). Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat teoritisnya yaitu hasil penelitian ini mendukung teori pembelajaran menyimak dan media pembelajaran, hasil penelitian ini juga memiliki manfaat praktis bagi guru, siswa, dan sekolah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriftif. Metode deskriftif digunakan untuk menggambarkan data-data penelitian yang selanjutnya dilakukan analisis sehingga dapat diketahui RPP, kesesuaian perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan proses pembelajaran yang berlangsung, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menyimak dongeng. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil diperoleh informasi sebagai berikut: (1) RPP yang digunakan belum seluruhnya sesuai. (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio dilakukan dengan penyampaian materi, terutama pada kegiatan inti pembelajaran dan penutup, terdapat beberapa langkah yang tidak sesuai dengan direncanakan dalam RPP. (3) Evaluasi/penilaian yang dibuata guru tersebut belum sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran menyimak dongeng yaitu siswa mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng yang diperdengarkan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan media audio (Tape Recorder) dapat membuat suasana kelas lebih menyenangkan, karena siswa lebih mudah menyimak dongeng dengan baik dan jelas selama proses pembelajaran, dan dapat mempermudah proses interaksi antara guru dan siswa dalam membelajarkan siswa menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan.
Kata kunci: pembelajaran menyimak, dongeng, media audio (Tape Recorder).
Download berkas