Penulis / NIM
SERLIN LAUHA / 311411061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Abstrak
ABSTRAK
Serlin Lauha. 2015. Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran
Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tilamuta. Skripsi.
Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra
dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama
Malabar, M.Pd dan pembimbing 2 Dr. Sance A. Lamusu, M. Hum
Salah satu unsur yang sangat penting dalam pembelajaran adalah media.
Penggunaan media dalam proses pembelajaran memperlancar interaksi antara guru
dan siswa, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, sehingga
pembelajaran lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran
keterampilan berbicara pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tilamuta.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan
melalui teknik observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara
menyalin data hasil observasi, membuat narasi, menganalisis, serta menyimpulkan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tentang media pembelajaran
(Azhar Arsyad) dan teori keterampilan berbicara (Henry Guntur Tarigan)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media gambar berseri
ditampilkan pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Penggunaan media
gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan berbicara dilaksanakan pada
kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir. Pada kegiatan awal, dilaksanakan pada
kegiatan apersepsi dengan cara guru mengajukan pertanyaan untuk menggali
informasi yang terdapat dalam gambar tersebut. Pada kegiatan inti dilaksanakan
untuk melatih siswa merangkai kalimat-kalimat menjadi cerita yang berurut. Pada
kegiatan akhir pembelajaran, dilaksanakan pada kegiatan tindak lanjut (berupa PR)
untuk mempermantap materi pembelajaran yang diberikan di kelas. (2) Faktor yang
mempengaruhi penggunaan media gambar berseri antara lain, minimnya gambar
berseri di sekolah, kurangnya waktu untuk setiap materi, tuntutan beban guru
mengajar dalam setiap minggu. (3) Solusinya perlu kreatifitas guru dan peran sekolah
dalam memyiapkan media yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran..
Simpulannya, penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran
keterampilan berbicara dapat membuat suasana kelas lebih menyenangkan, siswa
lebih aktif selama proses pembelajaran, dan mempermudah siswa bercerita dengan
urutan yang tepat, namun guru masih mengalami kendala.
Kata-kata Kunci: penggunaan, media gambar berseri, keterampilan berbicara
Download berkas