SKRIPSI

Penulis / NIM
SERLIN LAUHA / 311411061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Abstrak
ABSTRAK Serlin Lauha. 2015. Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tilamuta. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan pembimbing 2 Dr. Sance A. Lamusu, M. Hum Salah satu unsur yang sangat penting dalam pembelajaran adalah media. Penggunaan media dalam proses pembelajaran memperlancar interaksi antara guru dan siswa, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tilamuta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara menyalin data hasil observasi, membuat narasi, menganalisis, serta menyimpulkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tentang media pembelajaran (Azhar Arsyad) dan teori keterampilan berbicara (Henry Guntur Tarigan) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media gambar berseri ditampilkan pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan berbicara dilaksanakan pada kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir. Pada kegiatan awal, dilaksanakan pada kegiatan apersepsi dengan cara guru mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi yang terdapat dalam gambar tersebut. Pada kegiatan inti dilaksanakan untuk melatih siswa merangkai kalimat-kalimat menjadi cerita yang berurut. Pada kegiatan akhir pembelajaran, dilaksanakan pada kegiatan tindak lanjut (berupa PR) untuk mempermantap materi pembelajaran yang diberikan di kelas. (2) Faktor yang mempengaruhi penggunaan media gambar berseri antara lain, minimnya gambar berseri di sekolah, kurangnya waktu untuk setiap materi, tuntutan beban guru mengajar dalam setiap minggu. (3) Solusinya perlu kreatifitas guru dan peran sekolah dalam memyiapkan media yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran.. Simpulannya, penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan berbicara dapat membuat suasana kelas lebih menyenangkan, siswa lebih aktif selama proses pembelajaran, dan mempermudah siswa bercerita dengan urutan yang tepat, namun guru masih mengalami kendala. Kata-kata Kunci: penggunaan, media gambar berseri, keterampilan berbicara
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011